Aplikasi Blockchain Dalam Digital Advertisement dan Marketing

Beberapa tantangan terbesar yang dihadapi Digital Advertisement dan Marketingtermasuk penipuan, kurangnya transparansi dan proses pembayaran yang ketinggalan jaman. Pengiklan terus-menerus khawatir tentang penggunaan uang mereka oleh agen iklan karena ruang iklan digital benar-benar buram. Mereka tidak memiliki kejelasan tentang aliran uang mereka dan mereka tidak tahu apakah uang yang dihabiskan untuk iklan ini memberi mereka manfaat yang berarti atau tidak. Bahkan iklan yang dilihat tidak menjamin bahwa pengguna yang sebenarnya melihatnya.

Ada banyak bisnis yang berhasil menyediakan klik dan tampilan untuk iklan ini. Mereka memiliki perahu yang diprogram untuk berperilaku seperti pengguna aktual sehingga dapat meningkatkan tayangan iklan. Jadi semua pengiklan putus asa mencari solusi yang dapat menghubungkan mereka dengan pelanggan potensial mereka secara transparan dan jauh lebih efisien.

Untuk pemahaman yang lebih baik tentang solusi yang diajukan, sangat penting untuk terlebih dahulu memahami bagaimana industri periklanan digital tradisional bekerja. Pengiklan atau hanya menempatkan merek yang ingin menjangkau pelanggan menyewa agen iklan digital untuk menjaga kampanye iklannya. Merek memiliki target atau sasaran spesifik yang ingin dicapai melalui kampanye iklan ini. Merek membayar agen iklan untuk membuat dan mendistribusikan konten iklan digital kepada pelanggan targetnya. Uang yang dihabiskan untuk membuat konten iklan disebut sebagai pengeluaran yang tidak bekerja sementara uang yang dihabiskan untuk mendistribusikan konten iklan ke audiens target yang ditentukan dikenal sebagai pengeluaran kerja di bidang Digital Advertisement dan Marketing

Agensi iklan kemudian membuat konten iklan dan meminta persetujuan merek atas konten tersebut. Setelah konten disetujui, agensi membeli ruang iklan atau inventaris iklan untuk memposting konten digital tempat pelanggan target yang diinginkan mengonsumsi konten. Sekarang saat membeli ruang iklan, agensi iklan memiliki 2 opsi: Beli ruang iklan langsung dari penerbit. Dalam perjanjian ini, agensi membeli lokasi tetap tertentu di situs penerbit. Situs penerbit dapat berupa majalah digital, situs e-koran atau situs web lain tempat audiens target datang. Atau mereka dapat membeli ruang iklan melalui platform pertukaran iklan. Platform pertukaran iklan mencantumkan sejumlah inventaris iklan penerbit yang kemudian dibeli oleh agen iklan ini. Ruang iklan atau inventaris yang terdaftar oleh platform pertukaran iklan ini umumnya dialokasikan berdasarkan penawaran waktu nyata oleh agen iklan ini.

Baca juga : Blockchain universitas dan sektor pendidikan

Penawaran waktu nyata ini untuk membeli ruang iklan ini juga dikenal sebagai pembelian program dalam istilah teknis. Ada long chain perantara dalam proses ini terutama dalam kasus supply chain iklan yang terprogram. supply chain dalam kasus kami mencakup agensi Iklan, meja perdagangan, platform sisi permintaan, Ad Exchange, platform sisi pasokan, penerbit, dan akhirnya audiens. Karena supply chain yang panjang ini, informasi menjadi tidak dapat diakses pada uang merek yang dihabiskan untuk iklan. Node yang berbeda dalam rantai memiliki biaya tersembunyi, ada penipuan dan tidak ada kejelasan tentang keaslian hal ini.

Menurut laporan industri internal, 55% dari uang yang dihabiskan untuk platform iklan terprogram digunakan untuk perantara dan platform teknologi sementara penerbit hanya mendapatkan 45% sisanya. Sederhananya, nilai riil yang didapat merek hanya 45% dari apa yang mereka belanjakan pada platform iklan terprogram. Selanjutnya, banyak penerbit ini adalah penipu yang terlibat dalam penjualan tayangan palsu. Mereka bermitra dengan bisnis yang telah memprogram bot untuk membuat klik dan lalu lintas palsu untuk menipu merek.

Di AS saja pada tahun 2017 industri periklanan digital kehilangan 6,5 miliar USD karena kegiatan penipuan ini. Oleh karena itu kebutuhan jam adalah sistem yang transparan. Sistem transparan ini akan memberdayakan merek untuk memvalidasi bahwa biro iklan bekerja dengan penerbit yang memiliki lalu lintas asli. Dan itulah mengapa blockchain dan periklanan digital adalah pasangan yang dibuat di surga.

Global fraud data

Inilah cara blockchain dapat membawa transparansi yang dibutuhkan dalam sistem. Pasar berbasis blockchain akan dibuat untuk penerbit dan merek yang ingin menjalankan kampanye. Pada ini, merek atau agen iklan yang disewa akan menempatkan konten iklan digital. Konten ini bisa dalam bentuk spanduk, video atau teks. Merek juga dapat menentukan kelompok audiens yang ingin mereka targetkan seperti minat, wilayah, bahasa mereka dan mereka juga dapat menetapkan anggaran serta mereka ingin berinvestasi dalam kampanye itu.

Sekarang penerbit akan menggunakan platform ini untuk menemukan merek-merek ini dan merangkak konten mereka. Dan ketika situs penerbit dikunjungi oleh pengguna, iklan yang relevan akan ditampilkan kepadanya berdasarkan minat, bahasa, dan preferensi lainnya. Dalam skenario seperti itu, suatu merek akan menjangkau pelanggan yang diinginkan, dan pada saat yang sama pelanggan akan melihat iklan yang lebih relevan. Karena platform akan didasarkan pada buku besar bersama, merek dapat dengan mudah melacak dan melacak setiap klik dan melihat iklannya yang diposting di situs penerbit. Merek bahkan dapat memverifikasi penempatan iklan, tayangan dll menggunakan platform ini. Informasi ini terdesentralisasi dan transparan sehingga tidak ada kemungkinan manipulasi data dan sebuah merek dapat memastikan bahwa uangnya dihabiskan untuk pengguna yang sebenarnya.

Kurangnya transparansi dalam pengeluaran iklan selalu menjadi perhatian bagi pengiklan atau merek. Tetapi dengan blockchain, ketidakjelasan ini dapat dihilangkan dan mereka dapat dengan jelas tahu di mana anggaran mereka dibelanjakan dan di mana tepatnya konten mereka diiklankan. Platform Pasokan berbasis blockchain dapat dibuat untuk mengatasi tantangan kurangnya transparansi dalam proses pembelian inventaris iklan.

Seperti dibahas sebelumnya, merek tidak memiliki visibilitas yang jelas tentang uang yang dihabiskan untuk masing-masing perantara. Platform berbasis blockchain akan memberikan merek dengan tagihan lengkap tentang bagaimana uang yang dihabiskan untuk iklan didistribusikan di antara berbagai pemain yang terlibat. Akan ada proses transparan di mana uang yang diambil oleh masing-masing pihak akan diketahui semua orang yang terlibat dalam jaringan blockchain itu. Dengan penerapan sistem yang transparan dan tidak dapat diubah, merek dapat memastikan bahwa mereka membayar biaya yang adil dan akurat. Setelah implementasi desentralisasi platform, setiap perantara dalam jaringan supply chain iklan akan menerima bagiannya dari pengeluaran iklan dan tidak akan ada cara untuk mengenakan biaya tersembunyi seperti dalam sistem buram hari ini. Ini akan memecahkan masalah menghilangnya pengeluaran media digital dalam supply chain media, bukan pada konten yang sebenarnya.

Data adalah emas. hal ini memainkan peran penting bagi perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang dapat memengaruhi profitabilitas mereka. Saat ini, data ini diambil dari pola perilaku pelanggan baik online maupun offline. Data ini kemudian digunakan untuk membuat iklan yang relevan untuk memikat pelanggan ini. Tetapi sering kali iklan ini gagal menarik perhatian pelanggan.

Tetapi dengan blockchain, ini akan berubah dan iklan akan menjadi lebih efektif. Dengan blockchain, konsumen dapat berbagi data dan mendapatkan kompensasi untuk itu pada saat yang sama. Dengan ketersediaan data langsung, perusahaan dapat membuat iklan yang jauh lebih bertarget dan efektif, yang pada gilirannya dapat menciptakan dampak positif pada keuntungan mereka.

Mari kita lihat bagaimana data pengguna ini dapat dikumpulkan dengan cara yang aman, aman dan andal menggunakan blockchain. Data akan diambil dari berbagai sumber seperti media sosial, perangkat pintar, perangkat IoT yang dipasang di rumah dan gadget lainnya. Data pengguna ini akan diposting di pasar data bertenaga blockchain. Setiap bit data akan di-host di pasar ini setelah persetujuan pengguna dan untuk setiap bit data yang dibagikan, konsumen akan diberi kompensasi yang sesuai. Ini membuatnya menjadi tawaran yang adil bagi pengguna dan lebih lanjut memberikan insentif kepada mereka untuk berbagi lebih banyak data mereka untuk mendapatkan lebih banyak kompensasi.

Baca Juga : Manfaat & Kegunaan Teknologi Blockchain

Dengan demikian membantu perusahaan untuk membuat iklan yang lebih relevan dan bertarget. Ini bahkan akan mengarah pada penciptaan lebih banyak data oleh konsumen. Misalnya seseorang yang suka tracking akan memposting lebih banyak foto di Facebook, Instagram tentang berkemah dan tracking dengan harapan menjual data ini. Peningkatan berbagi data ini akan mengisi celah yang hilang untuk memberikan gambaran lengkap tentang perilaku pengguna. Dengan kumpulan data yang dikumpulkan di Blockchain Marketplace ini, platform ini akan benar-benar menjadi pengubah permainan bagi para pemasar ini karena mereka dapat membuat iklan yang lebih baik agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial mereka. Iklan bertarget lebih baik ini akan mengarah pada konvergensi dan afinitas merek yang lebih baik untuk merek-merek ini dan dengan demikian meningkatkan ekuitas merek dan laba.

Banyak peraturan seperti GDPR telah diperkenalkan di berbagai industri dan sektor yang berfokus pada privasi dan keamanan data pengguna. Dalam skenario seperti itu, teknologi blockchain memberikan solusi sempurna di mana volume data konsumen dapat disimpan dengan aman menggunakan teknologi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *